Hasil Pertandingan Sepakbola Myanmar vs Indonesia

Timnas Indonesia sukses menang 0-2 ketika melawan Timnas Myanmar di laga uji jajaki resmi FIFA di Mandalarthiri Stadium, Mandalay, Myanmar, Senin (25/03).

Pertandingan dilangsungkan dengan paling menarik terutama di babak kesatu. kedua kesebelasan saling serang, walau serangan skuat Garuda lebih tajam dan efektif. Di babak kedua Indonesia melambatkan tempo permainan tetapi tetap dapat bermain dengan solid terutama di lini belakang.

Gol kesatu Indonesia dicetak oleh Greg Nwokolo. Sementara tersebut gol kedua dicetak oleh Ilija Spasojevic melewati titik penalti sesudah Novri Setiawan dilanggar di kotak terlarang.

Babak Pertama

Indonesia langsung tampil menggebrak begitu laga dimulai. Pada menit keempat, Greg mendapat kesempatan menembak dari sudut semput, tetapi masih dapat diamankan oleh kiper lawan.

Namun setelah tersebut Myanmar berontak dan mengupayakan bermain dengan taktis. Mereka juga berjuang membongkar pertahanan Merah Putih dengan kerja sama umpan one-two di dekat area kotak penalti.

Tapi usaha sang tuan lokasi tinggal tidak dapat bertahan lawan. Indonesia juga kembali mengurangi pertahanan Myanmar dengan umpan-umpan menusuk dari lini tengah mengarah ke trio pemain di lini serang.

Myanmar juga jadi serba salah. Jika bermain menyerang, pertahanan mereka ikut naik dan urusan ini menciptakan Riko, Lilipaly dan Greg mendapat ruang yang besar guna berkreasi, terutama melalui counter attack kilat. Jika terlampau bertahan, permainan mereka jdi tidak berkembang.

Pada menit ke-21, Indonesia mendapat kesempatan emas melewati serangan balik. Setelah mendapat umpan dari lini tengah Lilipaly berhasil mengecoh satu defender lawan dan kiper. Sayang saat ia melepas tendangan, terdapat satu pemain yang lantas menghalau bola dengan kepalanya.

Pada menit ke-27, Indonesia kembali menakut-nakuti dengan serangan kilatnya. Kali ini giliran Riko. Pemain lincah Persija ini sukses menggejar bola yang masuk ke kotak penalti dan dengan cerdik ia berjuang mencungkil bola dengan kaki kanannya walau dikepung sejumlah pemain lawan. Sayang walau bola tidak berhasil diantisipasi kiper lawan, tetapi arahnya masih melebar ke tiang jauh.

Dua menit berselang, Indonesia kembali menakut-nakuti kali ini melewati Lilipaly. Ia menendang bola umpan terobosan di dalam kotak penalti meski dijaga satu pemain lawan. Sayangnya walau kiper telah salah antisipasi, tetapi bola masih nyangkut di kakinya.

Pada kesudahannya Indonesia dapat mencetak gol pada menit ke-41. Setelah berkolaborasi dengan Lilipaly, Greg dapat mengecoh defender dan kiper Myanmar dan lantas dengan mudah menembus gawang yang telah tidak terkawal. 1-0.

Pada menit ke-45, Myanmar mendapat hadiah penalti sesudah Manahati mengerjakan tekling yang kurang seksama di dalam kotak terlarang. Namun untungnya eksekusi Chang Aung dapat diblok dengan mantap oleh Andritany.

Skor 0-1 untuk kelebihan Indonesia bertahan sampai turun minum.

Babak Kedua

Indonesia berjuang mengatur tempo permainan begitu laga babak kedua dimulai. Serangan riskan pun dapat dibangun oleh kesebelasan besutan Simon McMenemy ini.

Peluang emas juga didapat pada menit ke-51. Umpan dari lini tengah menciptakan Novri dapat menusuk masuk ke kotak penalti. Sayangnya kesempatan itu dapat digagalkan kiper lawan. Hal ini menciptakan Spaso, yang masuk menggantikan Greg, marah-marah. Sebab ia sedang di posisi kosong tetapi Novri menyimpulkan tidak segera mengumpan kepadanya.

Indonesia pun kian melambatkan tempo permainan. Hal ini sukses menciptakan para pemain Myanmar frustasi. Apalagi saat serangan-serangan mereka kerap terdampar di lokasi kotak penalti.

Bola lantas lebih tidak sedikit berkutat di lini tengah. Indonesia sendiri pada kesudahannya terlihat kendala untuk membina serangan sesudah keluarnya Lilipaly serta Greg.

Myanmar pun kian lama jadi kian pede. Pada menit ke-81, mereka dapat membangun serangan berbahaya. Dari tengah serangan masuk ke lokasi kanan pertahanan Indonesia. Untungnya tendangan Lwin masih dapat dihalau Andritany.

Namun empat menit berselang, Indonesia dapat mendapat kesempatan emas berkat serangan balik. Peluang mula memang tidak berhasil akan namun pada kesudahannya skuat Garuda mendapat hadiah penalti setelah di antara pemain Myanmar melanggar Novri Setiawan. Eksekusi penalti lantas dilaksanakn dengan sempurna oleh Spaso. 2-0.

Setelah tersebut kedua kesebelasan memang masih sempat menciptakan sejumlah peluang. Namun tak terdapat gol yang tercipta. Timnas Indonesia juga menang 0-2 dan laga ini menjadi debut yang menjanjikan untuk skuat Garuda dan Simon McMenemy.

Tags: